Kamis, 08 Desember 2016

ORGANISASI PROFESI HUMAS


A. 
PENGERTIAN ORGANISASI PROFESI HUMAS
         Organisasi profesi merupakan suatu wadah para profesional di dalam mengembangkan dan mengadakan suatu studi profesi. Organisasi profesi yang sudah mantab biasanya sanga berperan didalam menentukan kurikulum studi profesi, mereka juga aktif melakukan riset, serangkaian pertemuan, dan kontes program-program humas.
        Organisasi profesi humas merupakan suatu wadah para praktisi humas di dalam mengembangkan dan mengadakan suatu studi profesi humas. Berdasarkan organisasi yang sudah ada, organisasi humas dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. 1.       Organisasi yang menghimpun para praktisi humas secara umum,
  2. 2.       Organisasi yang menghimpun perusahaan humas
  3. 3.       Organisasi yang menghimpun para praktisi humas yang dibedakan berdasarkan jenis perusahaannya (misal : khusus perhotelan, khusus perusahaan kosmetik, dsb )
Amerika diakui sebagai negara pertama yang membentuk organisasi profesi bagi para praktisi humas. Pada tahun 1948 di Amerika terbentuk suatu wadah yang bernama Public Relations Society of Amerika (PRSA). Langkah ini diikuti oleh Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol, Swiss.

B.      BEBERAPA ORGANISASI PROFESI HUMAS

1.       Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS)Perhumas didirikan di indonesia pada tanggal 15 desember 1972, dengan maksud untuk menghimpun dan membentuk  wadah bagi para praktisi humas. Tujuan perhumas adalah sebagai berikut :
  1. 1.       Meningkatkan perkembangan dan ketrampilan profesional humas di Indonesia
  2. 2.       Memperluas dan memperdalam pengetahuan mengenai humas
  3. 3.       Meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman diantara para anggotanya
  4. 4.       Menyelenggarakan hubungan dengan organisasi-organisasi serumpun dengan bidang humas, di dalam maupun di luar negeri
PERHUMAS memprakarsai berdirinya Federation of ASEAN Public Relations Organization (FAPRO)  pada tahun 1997 di Kuala Lumpur.  PERHUMAS ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi FAPRO di Jakarta. PERHUMAS juga sudah tercatat dan diakui oleh IPRA dan pernah dipercaya sebagai tuan rumah konferensi IPRA pada tahun 1995. Indonesia telah menjadi board member IPRA. Bahkan pada tahun 2000-2001 Indonesia mewakili board member IPRA.
2.       Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI)
APPRI berdiri pada tanggal 10 April 1987 di Jakarta dan bersifat independen. Tujuan APPRI yaitu :
  1. 1. Menghimpun, membina dan mengarahkan potensi perusahaan public relations nasional
  2. 2. Mewujudkan fungsi public relations yang sehat, jujur dan bertanggung jawab sesuai kode praktik dank ode etik yang lazim berlaku secara nasional dan internasional
  3. 3. Mengembangkan dan memajukan kepentingan asosiasi dengan memberikan kesempatan kepada para anggota untuk konsultasi dan kerjasama
  4. 4. Member informasi kepada klian bahwa anggota APPRI memenuhi syarat untuk memberikan nasihat dalam bidang public relations dan akan bertindak untuk klien menurut kemampuan profesionalnya
  5. 5. Merupakan sarana untuk para anggotanya dalam soal soal kepentingan usahan dan profesi
  6. 6. Merupakan medium bagi masyarakat umum untuk mengetahui mengenai pengalaman dan kualifikasi para anggotanya
  7. 7. Membantu mengembangkan kepercayaan umum atas jasa public relations.
  8. 8. APRI telah menerbitkan kode etik profesi dan memberlakukan pada anggotanya.
APPRI telah menetapkan Kode Etik Profesi dan memberlakukan pada anggotanya.  Sejauh ini anggota APPRI telah berkiprah di tingkat internasional.
Selain PERHUMAS dan APPRI, di Indonesia didirikan Public Relations Society of Indonesia (PRSI) pada tahun 2005. Ada pula organisasi profesi yang lebih spesifik berdasarkan jenis usahanya. Contohnya : Perhimpunan PR Perhotelan  Indonesia, Persatuan PR Perbankan Indonesia, dan di kota Malang ada Forum Humas Perguruan Tinggi.
C.      ORGANISASI PROFESI HUMAS DI LUAR NEGERI
Organisai-organisasi humas di negara Eropa  berkumpul dalam suatu wadah organisasi di tingkat eropa, yakni Federation Associated Public Relations Organization (FAPRO). Aktivitas organisasi ini ditujukan untuk mengembangkan profesi humas (menyebarkan pentingnya arti humas bagi suatu lembaga, melakukan control akses, merumuskan dan memberlakukan kode etik profesi, melakukan evaluasi dan kontrol terhadap praktek humas para anggotanya), meningkatkan keahlian para praktisi humas dengan berbagai kegiatan pertemuan, riset, penerbitan, dn pengembangan pendidikan.
Berikut ini beberapa organisasi profesi humas di Amerika dan Inggris yang saya sadur dari internet :
1.      Public relations society of amerika (PRSA).
PRSA berkantor pusat di new York, berdiri pada tahun 1047. Tujuan didirikan PRSA adalah :
a.       Untuk menyatukan mereka yang melakukan kegiatan di bidang humas.
b.       Untuk mempertimbangkan segala masalah yang dihadapi bidang kehumasan.
c.       Untuk merumuskan, memajukan, mejelaskan kepada kelompok kelompok usaha,professional, dan lain lain.
d.       Untuk memperbaiki hubungan pelaksana humas dengan para majikan dan klien.
e.       Untuk memajukan dan berusaha mempertahankan standar yang tinggi mengenai pelayanan umum dan tingkah langku PRSA memiliki program tahunan, yakni pemberian penghargaan gold anvil award (GAW).
2.        Institute public relations of british (IPR)
PR berada di inggris dan didirikan pada tahun 1948 oleh sekelompok pegawai humas dari pemerintah pusat, local, kalangan industry dan sector perdagangan. Tujuan IPR adalah sebagai berikut :
  1.        Untuk memajukan perkembangan humas demi kepentingan praktik tersebut di bidang perdagangan, industry, pemerintah local dan pusat, perusahaan perusahaan nasional professional
  2.        Untuk mendorong dan memupuk ketaatan pada standar professional yang tinggi bagi para anggotanya dan untuk menetapkan serta merumuskan standar standar semacam itu.
  3.        Untuk mengatur pertemuan, diskusi, konferensi dan lain lain mengenai masalah yang menjadi kepentingan bersama dan secara umum untuk bertindak sebagai wadah bagi pertukaran gagasan mengenai praktik kehumasan
3.        International public relations association (IPRA).
IPRA merupakan organisasi humas di tingkat internasional, terbentuk pada bulan mei tahun 1955 dalam suatu pertemuan di Stratford upon avon dengan tujuan sebagai berikut :
  1.        Menyediakan jalur bagi pertukaran gagasan dan pengalaman professional antara mereka yang berurusan dalam kegiatan humas mengenai kepentingan internasional
  2.        Mengadakan suatu rotasi / perputara apabila anggotanya setiap saat memerlukan pemberitahuan dan bimbingan
  3.        Membantu mencapai kualitas tertinggi tentang praktik kehumasan
  4.        Meningkatkan praktik kehumasan di semua bidang kegiatan di dunia dan memajukan nilai nilai dan pengaruhnya melalui promosi ilmu pengetahuan
  5. .       Meninjau dan mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang mempengaruhi  praktik kehumasan yang biasa terjadi di berbagai Negara.


Ssekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf (sok formal)
 hehehe... ^_^ :)




2 komentar:

  1. Dimana ya Kantor atau nomor tlp Organisasi PERHUMAS di Jakarta ya

    BalasHapus
  2. Apakah organisasi profesi humas ada yg lain?

    BalasHapus